Kamis, 25 Mei 2017

liburan di air terjun randu sari

Air terjun Randusari adalah salah satu wisata air terjun di kawasan Dlingo Bantul. Kawasan Curug ini jarang mendengar dibandingkan Candi Banyunibo air terjun dan air terjun Lepo yang masih dalam satu kawasan. Pada awalnya orang-orang di sekitar tahu air terjun ini dengan nama Banyutibo atau candi Banyunibo tetapi karena kemiripan nama akhirnya berubah menjadi air terjun Randusari.
Air terjun Randusari (Randu Sari atau Ngreboh lain bernama) terletak di Dusun Rejosari, desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Asal-usul nama Randusari berasal dari keberadaan pohon yang tumbuh di tepi air terjun.

Lokasi air terjun Randusari terletak di perbukitan kapur Dlingo Timur dekat perbatasan dengan Kabupaten Gunungkidul. Hal ini cukup dekat dengan Sri Pungg Dlingo Hill yang terkenal sebagai tempat untuk melihat Sri Gethuk Waterfall dari atas bukit. Rute termudah dari pusat kota Yogyakarta ke air terjun adalah melalui Jalan Wonosari - Pertigaan Piyungan, Tanjakan Patuk, sampai persimpangan di Puncak Bukit Patuk. Selanjutnya mengambil jalan ke kanan menuju Dlingo yang melewati Watu Amben. Memasuki kawasan Dlingo tampilan untuk lokasi desa Jatimulyo dan dari di sekitar desa telah mulai papan terlampir arah ke lokasi air terjun. Cara alternatif untuk lokasi Curug oleh menuju Selatan melalui Terminal Giwangan - Imogiri East Road - Simpang makam Imogiri - buah Taman Mangunan - Mangunan hutan pinus - Pinus puncak Becici. Dari Puncak Pin Becici mengikuti jalan untuk Jatimulyo Dlingo.
Perjalanan ke Randusari air terjun dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Namun, dianjurkan untuk menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan yang sempit dan beberapa jalan tidak telah dibangun. Tanda ke air terjun Randusari yang dipasang seperti memasuki desa desa gang. Tidak lama setelah itu akhirnya tiba di air terjun area parkir. Tempat parkir kendaraan roda empat adalah sekitar daerah perumahan sementara area parkir kendaraan roda dua terletak di ujung jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar